Bagian Kesra Setda Sumenep Gencar Berupaya Maksimalkan Pengelolaan UKS/M di Setiap Lembaga Pendidikan

  • Bagikan
Bagian Kesra Setda Sumenep Berupaya Maksimalkan Pengelolaan UKS/M di Masing-masing Sekolah
Kabag Kesra Setdakab Sumenep Kamaluddin saat melakukan sosialisasi dan pembinaan UKS/M di salah satu lembaga pendidikan. (Foto for Litera Times)

SUMENEP, LITERA TIMES – Melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep, Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo berupaya memaksimalkan pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di setiap lembaga pendidikan.

Salah satu upaya itu dilakukan dengan terus menggalakkan Sosialisasi dan Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) yang ada di lembaga pendidikan di Kabupaten Sumenep.

Kepala Bagian Kesra Setdakab Sumenep Kamaluddin menjelaskan, hingga saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi peningkatan UKS/M sebanyak 8 kali.

“Setiap sosialisasi UKS/M ini terdapat 10 sekolah atau madrasah yang kami ikutsertakan,” jelas Kamiluddin ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 7 Desember 2023 siang.

Objek dari sosialisasi UKS/M tersebut yaitu semua sekolah atau madrasah mulai dari jenjang SD sampai dengan SMA atau yang sederajat.

Sedangkan materi sosialisasi meliputi manajemen UKS, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

“Target dari sosialisasi UKS ini untuk menuju sekolah sehat,” ujar Kamiluddin.

Kepala Bagian Kesra yang akrab disapa Kamil itu melanjutkan, program peningkatan UKS/M yang dicanangkan pihaknya telah berjalan selama 3 tahun. Untuk tahun ini, upaya memaksimalkan pengelolaan UKS/M itu semakin digalakkan.

“Alhamdulillah selama 3 tahun ini sudah banyak usaha kesehatan sekolah yang aktif dan memenuhi kriteria,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam program tersebut, Bagian Kesra bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Kemenag, serta Pokja IV TP PKK Sumenep. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *