Tingkatkan PHBS Siswa, Bagian Kesra Setda Sumenep Gelar Rakerda UKS/M

  • Bagikan
Tingkatkan PHBS Siswa, Bagian Kesra Setda Sumenep Gelar Rakerda UKS/M
Rakerda UKS/M yang digelar Bagian Kesra Setda Kabupaten Sumenep di ASMI Hotel Kota Sumenep, Selasa (21/11/2023). (Litera Times)

SUMENEP, LITERA TIMES – Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M), Selasa, 21 November 2023.

Kegiatan Rakerda UKS/M tersebut berlangsung di ASMI Hotel Kecamatan Kota Sumenep diikuti oleh sebanyak 60 orang peserta.

Para peserta itu terdiri dari Pengurus Sektap UKS Kecamatan sebanyak 54 orang, Ketua Sektap Kecamatan dan 1 orang penanggung jawab UKS dari Puskesmas serta pengurus Sektap Kabupaten sebanyak 6 orang.

Sedangkan pemateri yang mengisi Rakerda UKS/M tersebut sebanyak 3 orang yakni Biro Kesra Setda Provinsi Jawa Timur, Sektap UKS/M Provinsi Jawa Timur dan Erfand Rakhasiwy, Motivator dan Enterpreneur Nasional.

Kepala Bagian Kesra Setda Sumenep Kamiluddin mengungkapkan, tujuan Rakerda UKS/M itu untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PBHS) bagi peserta didik.

“Kami berharap pengelolaan UKS/M mulai dari pusat ke daerah dan sekolah/madrasah dilaksanakan secara terpadu, terarah, intensif dan berkesinambungan, sehingga diperoleh hasil maksimal,” ungkap Kamil.

Ia menambahkan, dalam rangkaian kegiatan tersebut masih terdapat kegiatan lanjutan berupa pembinaan dan sosialisasi UKS/M ke beberapa Sektap Kecamatan. Sasaran kegiatan tersebut sebanyak 80 sekolah/madrasah.

“Rinciannya 32 SD sederajat, 32 SMP sederajat, dan 16 SMA sederajat,” jelas Kamil.

Sementara Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep Ir. Edy Rasyadi berharap kegiatan Rakerda UKS/M dapat memberikan manfaat dalam usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mewujudkan Trias UKS, yaitu pendidikan, kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sehat.

“UKS/M ini adalah salah satu perwujudan dari Visi dan Misi Pemkab Sumenep di bidang kesehatan, sehingga pemerintah daerah wajib hadir memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan,” ujar Sekda Edy Rasyadi.

Selain itu, pihaknya mengharapkan program UKS/M mampu menjangkau seluruh masyarakat di wilayah daratan dan kepulauan. Bahkan, Pemkab Daerah menargetkan nantinya menjadi program unggulan di seluruh wilayah Kabupaten Sumenep.

“UKS/M ini nantinya akan kami jadikan program unggulan,”  tegas Sekda Edy. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *