Jangan Cuma Lihat Gerhana Bulan Total Hari Ini, Bagi yang Muslim Yuk Shalat Gerhana

  • Bagikan
Gerhana Bulan Total Terjadi Hari Ini, Bagi yang Muslim Yuk Shalat Gerhana
Ilustrasi shalat gerhana bulan. (Istimewa)

KHAZANAH, LITERA TIMESGerhana Bulan Total (GBT) diprediksi terjadi hari ini, Selasa, 8 November 2022. Bagi umat muslim yuk Shalat Gerhana Bulan atau Shalat Khusuf.

Gerhana bulan total adalah fenomena astronomis ketika seluruh permukaan Bulan memasuki bayangan inti (umbra) Bumi. Itu disebabkan oleh konfigurasi antara Bulan, Bumi dan Matahari membentuk garis lurus.

Selain itu, Bulan berada di dekat titik simpul orbit Bulan, yakni perpotongan antara ekliptika (bidang edar Bumi mengelilingi Matahari) dengan orbit Bulan.

Gerhana bulan total terjadi ketika fase bulan purnama. Akan tetapi tidak semua fase Bulan Purnama dapat mengalami gerhana bulan.

Dilansir LITERA TIMES dari Instagram @kemenag_ri dan bimasislam, Selasa, 8 November 2022, fenomena yang terjadi di antariksa ini bisa diamati secara langsung di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Di Aceh, Sumatera Utara, Sumater Barat dan Bengkulu GBT terjadi pada Kontak Umbra 3 (U3) pukul 18.42 WIB.

Di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat pada pukul 17.59 WIB.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *