Kisah KH Ahmad Sanusi, Sang Ajengan Genteng Anggota BPUPKI Langganan Tahanan Kota

  • Bagikan
Kisah KH Ahmad Sanusi, Sang Ajengan Genteng Anggota BPUPKI, Ulama Langganan Tahanan Kota
KH Ahmad Sanusi, Pahlawan Nasional dari Jawa Barat. (Istimewa/Dok. KH Munandi Saleh via tempo.co)

SOSOK, LITERA TIMES – KH Ahmad Sanusi adalah salah satu dari 5 tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada Hari Pahlawan tahun 2022.

Presiden Jokowi menganugerahkan gelar tersebut kepada 5 tokoh pada Senin, 7 November 2022 lalu, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 96/TK/2022 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Penganugerahan gelar yang berlangsung di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta itu, diberikan kepada para ahli waris dari para tokoh yang sekaligus mewakili para penerima gelar dan penghargaan.

“Hari ini pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi, dikutip CNBC Indonesia, Senin, 7 November lalu.

Siapakah sosok KH Ahmad Sanusi ini, sehingga mendapat anugerah gelar Pahlawan Nasional 2022? Berikut profil singkatnya seperti dikutip LITERA TIMES dari Instagram @kemensosri, Sabtu, 12 November 2022.

KH Ahmad Sanusi
(Pahlawan Nasional dari Provinsi Jawa Barat)

Ahmad Sanusi lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada tanggal 18 September 1888. Ia wafat tanggal 31 Juli 1950 dan dimakamkan di tanah kelahirannya itu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *