Meneladani Raden Rubini, Rela Jadi Dokter Keliling di Zaman Pendudukan Jepang

  • Bagikan
Meneladani Raden Rubini, Rela Jadi Dokter Keliling di Zaman Pendudukan Jepang
dr. Raden Rubini Natawisastra, Pahlawan Nasional dari Kalimantan Barat. (ANTARA/HO - Dokumentasi Pribadi)

SOSOK, LITERA TIMES – dr. Raden Rubini Natawisastra adalah salah satu dari 5 tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada Hari Pahlawan tahun 2022.

Presiden Jokowi menganugerahkan gelar tersebut kepada 5 tokoh pada Senin, 7 November 2022 lalu, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 96/TK/2022 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Penganugerahan gelar yang berlangsung di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta itu, diberikan kepada para ahli waris dari para tokoh yang sekaligus mewakili para penerima gelar dan penghargaan.

“Hari ini pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi, dikutip CNBC Indonesia, Senin, 7 November lalu.

Siapakah sosok dr. Raden Rubini Natawisastra ini, sehingga mendapat anugerah gelar Pahlawan Nasional 2022? Berikut profil singkatnya seperti dikutip LITERA TIMES dari Instagram @kemensosri, Jumat, 11 November 2022.

dr. Raden Rubini Natawisastra
(Pahlawan Nasional dari Provinsi Kalimantan Barat)

Raden Rubini Natawisastra lahir di Bandung, Jawa Barat, 31 Agustus 1906. Namun, ia menetap di Kalimantan Barat hingga wafat pada tanggal 28 Juni 1944. Rubini dikebumikan di Makam Juang Mandor, bangunan bersejarah di Kabupaten Landak.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *