Biografi Haji Salahuddin bin Talabuddin, Pejuang Merah Putih yang Dieksekusi Mati

  • Bagikan
Biografi Haji Salahuddin bin Talabuddin, Pejuang Merah Putih yang Dieksekusi Mati
Haji Salahuddin bin Talabuddin, Pahlawan Nasional dari Maluku Utara. (Istimewa via DM)

SOSOK, LITERA TIMES – Haji Salahuddin bin Talabuddin adalah salah satu dari 5 tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada Hari Pahlawan tahun 2022.

Presiden Jokowi menganugerahkan gelar tersebut kepada 5 tokoh pada Senin, 7 November 2022 lalu, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 96/TK/2022 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Penganugerahan gelar yang berlangsung di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta itu, diberikan kepada para ahli waris dari para tokoh yang sekaligus mewakili para penerima gelar dan penghargaan.

“Hari ini pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi, dikutip CNBC Indonesia, Senin, 7 November lalu.

Siapakah sebenarnya sosok Haji Salahuddin bin Talabuddin ini, sehingga mendapat anugerah gelar Pahlawan Nasional 2022? Berikut profil singkatnya seperti dikutip LITERA TIMES dari Instagram @kemensosri, Jumat, 11 November 2022.

Haji Salahuddin bin Talabuddin
(Pahlawan Nasional dari Provinsi Maluku Utara)

Haji Salahuddin bin Talabuddin adalah pejuang merah putih asal Halmahera, Maluku Utara. Ia lahir tahun 1887 di Patani, salah satu kecamatan di wilayah Halmahera Tengah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *