Link Nonton Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep, Yuk Saksikan!

  • Bagikan
Link Nonton Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep, Yuk Saksikan!
Link Nonton Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep, Yuk Saksikan! (Sc YouTube Kominfo Sumenep/Litera Times)

SUMENEP, LITERA TIMES – Nonton Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep secara langsung pasti seru. Tapi jika kamu tidak bisa hadir langsung ke lokasi, ada link nonton secara online bagi kamu.

Prosesi Hari Jadi Sumenep yang ke-754 berlangsung hari ini, Sabtu, 28 Oktober 2023, dari pagi hingga siang hari.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep kali ini ditempatkan di Kota Tua Kalianget, tepat di halaman Kantor PT Garam.

Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep akan dimeriahkan drama kolosal Prosesi Pelantikan Aria Wiraraja.

Suatu momen sejarah di mana penasehat Kerajaan Singhasari bernama asli Banyak Wide itu dilantik sebagai Adipati Soengennep (Sumenep) yang pertama oleh Kertanegara, Raja Singhasari.

“Berdirinya Kabupaten Sumenep tidak lepas dari peristiwa 754 tahun silam, saat diangkatnya Arya Wiraraja menjadi adipati pertama Kabupaten Sumenep pada tanggal 31 Oktober 1269,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo kepada media, Selasa, 24 Oktober 2023 lalu.

Meskipun hasil penelitian diketahui bahwa Aria Wiraraja dinobatkan sebagai Adipati Sumenep pada tanggal 31 Oktober 1269 M, prosesi penobatannya dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Sumenep selalu dilaksanakan sebelum tanggal tersebut.

Pasalnya, di tanggal 31 Oktober 2022 besok lusa akan diisi dengan Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-753 Sumenep sebagaimana agenda tahun-tahun sebelumnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *